November 16, 2013

Seputar FIFA Ballon d'Or

FIFA Ballon d'Or adalah penggabungan dua penghargaan pemain terbaik Ballon d'Or France Football oleh majalah France Football dan FIFA World Player of The Year oleh FIFA sejak tahun 2007.


Ballon d'Or France Football, penghargaan yang diberikan oleh sebuah majalah ternama France Football ini awalnya hanya diberikan pemain terbaik asal Eropa sejak tahun 1956. Pemain yang mendapatkan penghargaan ini pertama kali adalah Sir Stanley Matthews (Inggris).

Namun, sejak tahun 1995, penghargaan ini mulai bisa dimenangi oleh pemain non Eropa dengan catatan pemain tersebut harus bermain di klub Eropa. Pada saat itu, George Weah (AC Milan - Liberia) menjadi pemain non Eropa pertama yang meraih penghargaan tersebut.

Sementara, FIFA World Player of The Year yang diberikan oleh FIFA sudah berlangsung sejak tahun 1991 dan pemain yang pertama kali mendapatkannya adalah Lothar Matthäus (Internazionale Milan - Jerman) dan Romario (Barcelona - Brazil) menjadi pemain non Eropa pertama yang meraih penghargaan ini di tahun 1994.

Sejak tahun 2007, Ballon d'Or France Football terbuka bagi pemain diseluruh dunia. Dan sejak tahun 2010, penghargaan ini disatukan dengan FIFA World Player of The Year dengan nama FIFA Ballon d'Or.


Penghargaan FIFA Ballon d'Or terdiri atas 4 award:
  1. FIFA Ballon d’Or (Pemain Terbaik) 
  2. FIFA World Coach of the Year for Men’s Football (Pelatih)
  3. FIFA Women’s World Player of the Year (Pemain Wanita) 
  4. FIFA World Coach of the Year for Women’s Football (Pelatih Wanita)
Pemenang FIFA Ballon d'Or dipilih oleh wartawan-wartawan internasional, pelatih dan kapten tim nasional negara-negara yang berada dibawah yurisdiksi FIFA. Pemilih diberi tiga suara, masing-masing lima poin, tiga poin dan satu poin, dan memberikan tiga suara tersebut kepada salah tiga dari 23 pemain yang mereka anggap telah melakukan yang terbaik di tahun kalender sebelumnya

1 comment: